Wednesday, September 18, 2019

Belanja Buku di Jogjakarta

Pada postingan kali ini, kami akan berbagi cerita dari Jogjakarta. Ini bukan edisi jalan-jalan atau wisata, tapi ini hanya memanfaatkan waktu yang tersisa saat workshop.

Tepatnya tanggal 5 September 2019 kami mendapat undangan workshop perlindungan guru dikdas yang dilaksanakan oleh dirjen pembinaan guru dikdas kemendikbud. Jadwal kegiatan sangat padat sehingga tak sempat untuk jalan-jalan. Cek in tanggal 10, cek out tanggal 13 September 2019. Tiket keberangkatan pun yang dibagikan oleh pihak panitia harus ditanggal 13 September. Tiket pulang sudah diterima dengan jadwal pukul 15.00 waktu Jogjakarta setelah cekout pukul 12.00. Sehabis sarapan kami sempatkan jalan-jalan ke Shoping Center sekadar menunggu jam cekout dari hotel.


Ternyata di Shoping Center banyak toko buku yang menawarkan promo yang memanjakan pembeli ataupun penggiat literasi dalam mencari atau skadar menambah koleksi taman baca. Kesempatan ini kami sempatkan untuk mencari tambahan koleksi untuk KOTAK Ide. Sayangnya meski banyak buku yang ditawarkan dengan harga yang cukup murah, kami tidak bisa membelinya karena mempertimbangkan bagasi pesawat hanya bisa 15 Kg. Jadinya kami hanya bisa beli 2 buah buku tentang hukum  dan satu paket buku anak untuk tambahan koleksi KOTAK Ide.

Menyempatkan membeli beberapa buku untuk sekedar menambah koleksi sering kami lakukan disela-sela jika mengikuti kegiatan di beberapa kota besar. Hal ini ini sudah kali kedua setelah sebelumnya menyempatkan diri ke Gramedia Palembang pada tahun 2018 pada kegiatan peningkatan literasi bagi guru SD yang dilaksanakan oleh Kemdikbud RI.

Nah itulah salah satu cara kami menyiasati penambahan koleksi buku bacaan  pada KOTAK Ide. Untuk saat ini kami memanfaatkan obral buku murah yang ada di toko buku dengan menggunakan dana pribadi.

Jogjakarta, 13 September 2019

Ttd
Penggerak

ABD. HARIS, S.Pd
Share: