Wednesday, June 1, 2022

Peranan Merek dalam Membentuk Identitas Produk: Analisis Kebiasaan Masyarakat Indonesia dalam Memberi Sebutan pada Produk Baru

Sebutan Dompeng sebenarnya adalah nama atau merek mesin diesel Dong Feng yang digunakan pada mesin traktor. Pada umumnya masyarakat Indonesia memberikan sebutan terhadap suatu produk baru sesuai dengan merek yang pertama memunculkan produk tersebut. Misalnya sebutan untuk air minum kemasan dengan sebutan Aqua, pasta gigi disebut dengan Pepsodent, dll.


Kembali pada kata Dompeng, kita tidak tahu darimana dan sejak kapan awal penamaan Dompeng tersebut. Namun menurut analisa kami bahwa mungkin traktor yang pertama muncul atau yang paling banyak dipakai oleh petani di wilayah tersebut adalah traktor dengan mesin merek Dong Feng. Kita ketahui bahwa traktor sering juga dipasangi gerobak untuk dijadikan saran transfortasi pulang pergi ke sawah atau mengangkut hasil pertanian. Sehingga ketika ditanyakan ke sawah naik apa? Mereka menjawab naik Dompeng. Mesin diesel seringan dipakai juga di daerah tambang emas yang biasa dikelolah masyarakat, sehingga ketika di tanya mau kemana? Mau ba Dompeng.


Seiring dengan perkembagan zaman sudah banyak kendaraan pengangkut hasil kelapa menggunakan kendaraan rakitan menggunakan mesin traktor. Biasanya kendaraan tersebut menggunakan rangka mobil pikup dengan mengganti mesin mobil menggunakan mesin traktor.


Nah, karena penyebutan Dompeng sudah familiar dikalangan masyarakat maka disebutlah kendaraan pengangkut tersebut dengan sebutan Dompeng walaupun merek mesin yang digunakan adalah merek lain.


Namun jangan salah sekarang sudah ada mobil sungguhan keluaran terbaru dengan mesin Dongfeng (bukan mesin traktor).



Share: