Sunday, February 2, 2020

Mengenal Klasifikasi Buku dengan Sistem Desimal Dewey atau Dewey Decimal Classification (DDC)

Jumlah koleksi buku yang sangat banyak membingungkan atau membuat kita sulit untuk mencari buku-buku tertentu yang kita inginkan sehingga kita perlu mengklasifikasi buku-buku tersebut. Sistem klasifikasi perpustakaan digunakan untuk mempermudah dalam mengatur buku koleksi perpustakaan.

Melvil Dewey membuat sebuah klasifikasi perpustakaan yang dikenal dengan Dewey Decimal Classification (DDC) atau klasifikasi desimal dewey yang disebut juga dengan sistem desimal dewey. DDC atau sistem desimal dewey merupakan klasifikasi pepustakaan berupa kode dengan menggunakan 3 bilangan desimal yang di tuliskan pada bagian sampul buku. Kode yang dituliskan sesuai klasifikasi buku tersebut, sehingga ketika kita ingin membaca sebuah buku, cuku dengan mencarinya sesuai klasifikasi yang ada.

Sistim Desimal Dewey terbagi dalam sepuluh kelas utama. Sepuluh kelas tersebut dibagi lagi menjadi 10 bagian, dan sepuluh bagian tersebut masing-masing bisa dibagi lagi menjadi 10 bagian lagi dan seterusnya. Adapun 10 kelas utama sistem desimal dewey tersebut adalah:
000 Karya Umum
100 Filsafat dan Psikologi
200 Agama
300 Ilmu-ilmu sosial
400 Bahasa
500 Ilmu-ilmu alam dan matematika
600 Teknologi dan ilmu-ilmu terapan
700 Kesenian, hiburan dan olahraga
800 Kesusasteraan
900 Geografi dan sejarah

Dalam melakukan klasifikasi buku, masih harus melakukan klasifikasi dari masing 10 kelas utama desimal dewey yang ada. Untuk memdudahkan lagi dalam membagi klasifikasi kami menggunakan Electronik-Dewey Decimal Classification (e-DDC) edisi 23. e-DDC edisi 23 ini berupa aplikasi yang diinstalkan pada pc atau laptop sehingga memudahkan kita dalam mengklasifikasikan buku-buku yang ada.

Klasifikasi buku dengan menggunakan e-DDC edisi 23 ini sangat memudahkan para pustakawan ataupun para pengelolah TBM dalam mengelolah koleksi buku yang mereka miliki. Hal ini pun yang kami lakukan untuk mengetahui jumlah koleksi meskipun jumlahnya baru sekitaran 100an judul buku. hanya dengan melakukan pencarian sesuai isi dan judul buku pada kotak search yang ada pada aplikasi, kita akan diarahkan buku tersebut ke kelas mana serta bagiannya.

Sumber:
Klasifikasi Desimal Dewey


Share: